Back to Editions

2023 -2

Volume  03 No. 2 Tahun 2023

Volume 03  No. 2    November 2023

Pengaruh Semangat Kerja, Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pelalawan

 

 

Rahinol Junaidi, Bayu Sedih Nanda Ria, Frilla Degusta Mahasiswa 

STIE Dharma Putra 

Jl. Imam Bonjol 75

 Email: jonibotak366@gmail.com  

 

 

Abstrak 

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Semangat Kerja, Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Produktifitas Kerja Pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pelalawan. Populasi yang menjadi objek penelitian ini adalah seluruh pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pelalawan dan populasi ini dijadikan sampel penelitian karena jumlah yang tidak terlalu besar yaitu 49 orang dengan tekhnik sensus., sumber data adalah data primer yaitu melalui kuesioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. 

Berdasarkan hasilpenelitian ini diperoleh persamaan Y= 8.895 - 0.185X1 + 0,584X2 + 0,337X3, diperoleh Fhumg lebih besar dari Ftabei (8.068 > 2.811) dengan nilai signifikansi 0,005 > 0,000 dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa Variabel Semangat Kerja, Kompetensi dan Lingkungan Kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap Produktifitas Kerja Pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pelalawan Secara parsial variabel Semangat Kerja tidak berpengaruh terhadap Produktifitas Kerja, variabel Kompetensi dan Lingkungan Kerja berpengaruh siginifkan terhadap Produktifitas Kerja 

Kata Kunci : Semangat Kerja, Kompetensi, Lingkungan Kerja, Produktifitas Kerja 

 


📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Bangun Globalindo Perkasa Pekanbaru 

 

Denni France, Israwati, David Opel Alexander 

STIE Dharma Putra 

Jl. Imambonjol 75 

Email: dennifrance887@gamil.com  

 


Abstrak 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Gaya kepemimpinan dan Disiplin kerja PT Bangun Globalindo Perkasa. Kepemimpinan merupakan proses pengaruh sosial, yaitu suatu kehidupan yang mempengaruhi kehidupan orang lain, kekuatan yang mempengaruhi prilaku yang lain ke arah pencapaian tujuan tertentu, Suatu sikap menghormati, menghargai, patuh dan taat terhadap peraturanperaturan yang berlaku baik yang tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak menerima sanksi apabila ia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya. 

Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket (kuesioner), Jenuh. Dimana jumlah sampel yang didapat berjumlah 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan bantuan program software SPSS versi 21. Dari hasil penelitian mengenai pengaruh gaya kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT Bangun Globalindo Perkasa Pekanbaru. 

Hasil uji variabel gaya kepemimpinan (X1) memiliki nilai thitung sebesar 5.411 > 2.051 signifikan 0,000, Hasil uji variabel Disiplin kerja (X2) memiliki nilai thitung sebesar 8.474 > 2.051 signifikan 0,000. Hasil uji Fhitung 168.257 > Ftabel 2.51 artinya gaya kepemimpinan secara simultan memiliki pengaruh signifikan Terhadap kinerja karyawan. Besar pengaruh variabel terlihat dari nilai koefisien determinasi (R square) yang besarnya adalah 0.926 atau 92.6% sedangkan sisanya 7.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 


Keyword : Gaya kepemimpinan, disiplin kerja, Kinerja 



📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Metro Abadi Sempurna Semesta Pekanbaru 

  

Riang Hati Zega, Elvi Lastriani*,Damri, Fajrig Arsyelan 

STIE Dharma Putra 

Jl. Imam Bonjol No. 75 

Email: RiangZg@gmail.com 

*Coresseponden email: elvi01@gmail.com 

 

Abstrak 

Penelitian ini dilakukan di PT Metro Abadi Sempurna Semesta Pekanbaru bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa angket (kuesioner). Jumlah sampel yang didapat berjumlah 65 orang dari keseluruhan populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan bantuan program software SPSS versi 21. 

Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Metro Abadi Sempurna Semesta Pekanbaru, diperoleh hasil uji variabel motivasi (X1) memiliki nilai thitung sebesar 3.298 > 1,999 signifikan 0,000, hasil uji variabel lingkungan kerja (X2) memiliki nilai thitung sebesar 3.691 > 1.999 signifikan 0,000. Hasil uji Fhitung 84.542 > Ftabel 3.15 artinya motivasi dan lingkungan kerja secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Metro Abadi Sempurna Semesta Pekanbaru. Besar pengaruh variabel terlihat dari nilai koefisien determinasi (R square) yang besarnya adalah 7.32 atau 73.2% sedangkan sisanya 26.8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : Motivasi, Lingkungan Kerja, Kinerja 



📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Promosi Dan Saluran Distribusi Terhadap Penjualan Zoya Cosmetics di PT Penta Valent Cabang Pekanbaru


Rores Rajagukguk, Jasmar, Mira Rosmala, Savina Swari Arizoni 

STIE Dharma Putra 

JL.Imam bonjol 75 

Email:roresrgg@gmail.com 

 

Abstrak 

Penelitian ini di lakukan pada PT Penta Valent cabang Pekanbaru, teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner, simple sampling random. Dimana jumlah sampel yang di gunakan secara keseluruhan sebanyak 100 orang. 

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi promosi (X1) Berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan (Y) sedangkan saluran distribusi (X2) berpengaruh tidak signifikan terhadap penjualan (Y) pada PT Penta Valent Pekanbaru. Dari hasil penelitian juga di peroleh bahwa promosi (X1) dan saluran distribusi (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap penjualan pada ZOYA cosmetics di Pekanbaru. 

Dalam melaksanakan kegiatan promosi, perusahaan juga harus memperhatikan alat promosi lainnya selain promosi penjualan dan iklan yaitu seperti promosi melalui media sosial, pembuatan spanduk di setiap outlet yang menjual produk ZOYA cosmetics dan membuat acara gathering, mendistribusikan produk ZOYA cosmetics sebaiknya menjalin kerjasama denga e-commerce, seperti Bukalapak, Tokopedia sehingga distribusinya lebih luas dan lebih mudah di peroleh konsumen.

Kata kunci : Promosi, Saluran Distribusi, Penjualan  

 

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Astra International Tbk-Isuzu Cabang Pekanbaru 

 

Elsaria Manalu, Yudho Wibowo*, Indriaty 

STIE Dharma Putra 

Jl. Imambonjol 75 

Email : Elsaria.manalu08@gmail.com  

*Corresponden Author : yudhowibowo@stiedharmaputra.ac.id 

 

 

Abstrak 

Penelitian ini dilakukan di PT Astra International Tbk-Isuzu Cabang Pekanbaru bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Motivasi dan Disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket (kuesioner). Jumlah sampel yang didapat berjumlah 32 orang dari keseluruhan populasi. 

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan bantuan program software SPSS versi 21. Dari hasil penelitian mengenai pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT Astra International Tbk-Isuzu Cabang Pekanbaru. Hasil uji variabel motivasi (X1) memiliki nilai thitung sebesar 3.437 > 2.045 signifikan 0,000, Hasil uji variabel Disiplin kerja (X2) memiliki nilai thitung sebesar 5.082 > 2.045 signifikan 0,000. Hasil uji Fhitung 384.349 > Ftabel 2.50 artinya motivasi secara simultan memiliki pengaruh signifikan Terhadap kinerja karyawan. Besar pengaruh variabel terlihat dari nilai koefisien determinasi (R square) yang besarnya adalah 0.964 atau 96.4% sedangkan sisanya 3.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

Kata kunci : Motivasi, disiplin kerja, Kinerja.    

. 

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan PT Panca Eka Bina Plywood Industri (PEBPI) Pekanbaru

 

 

Damaris Malau, Delvina Donawati, Evi Suryati 

STIE Dharma Putra 

Jl. Imambonjol 75 

Email: marislau8797@gmail.com 

 

 

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan ialah mengetahui pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan PT Panca Eka Bina Plywood Industri (PEBPI) Pekanbaru. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dengan metode sensus yakni seluruh populasi dijadikan sampel penelitian dengan jumlah 85 responden. Jenis dan sumber data ialah data primer dan data sekunder didapat melalui wawancara dan kuisioner. 

Penelitian ini memakai analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk pengumpulan data. Motivasi dan disiplin kerja ialah suatu alat yang dipergunakan untuk berkomunikasi agar bersedia untuk mengubah suatu perilaku serta sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kesediaan seseorang dalam memenuhi segala peraturan. Efektivitas berjalan dengan baik apabila rencana dilaksanakan mencapai tujuannya. Tanpa rencana atau program tujuan tidak akan tercapai. penyelesaian pekerjaan seseorang atau kelompok sesuai waktu dan tujuan yang telah ditetapkan. 

Peningkatan efektivitas kerja karyawan yang dipengaruhi oleh motivasi dan disiplin serta faktor-faktor lainnya yang mampu meningkatkan efektivitas kerja karyawan seperti pelatihan, rekrutmen, pengawasan dan budaya organisasi yang bisa meningkatkan efektivitas karyawan. 

Kata kunci : Motivasi, Disiplin dan Efektitas 


📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Dasar Yayasan Perguruan Advent Pasir Putih Siak Hulu Kampar

 

 Lisna Wartina Simatupang, Hermansyah, Tengkoe Irawan 

STIE Dharma Putra 

Jl. Imam Bonjol 75 Pekanbaru 

Email: wartinasimatupang@gmail.com 

 


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pendidikan dasar yayasan perguruan advent pasir putih siak hulu kampar. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket (kuesioner), Jenuh. Dimana jumlah sampel yang didapat berjumlah 34 orang, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah dengan teknik analisis data menggunakan analisis linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 24. 

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Pendidikan Dasar Yayasan Perguruan Advent Pasir Putih Siak Hulu Kampar. Hasil uji variabel kepemimpinan (X1) memiliki nilai thitung 2,073 > ttabei 2.039 signifikan 0,047. Hasil uji variabel motivasi kerja (X2) memiliki nilai thitung 1,107 < ttabel 2,039 signifikan 0,277. Hasil uji Fhitung 11,145 > Ftabel 3,3048 artinya kepemimpinan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Besar pengaruh variabel terlihat dari nilai koefisien determinasi (R square) yang besarnya adalah 0.418 atau 41,8% sedangkan sisanya 58,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

Kata kunci : Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja.  


📑 FULL TEXT | PDF


Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Belfood Pekanbaru 


Santi Murni Aritonang, Andri, Nizamil Fadhli, Marwansyah 

STIE Dharma Putra 

Jl. Imam bonjol No.75 

Email: santimurni25@gmail.com 



Abstrak 


Penelitian ini dilaksanakan pada PT Belfood yang beralamat dijalan Soekarno Hatta Pekanbaru, Provinsi Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT Belfood Pekanbaru. Manfaat penelitian ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang sudah didapatkan dari perkuliahan manajemen, selain itu dapat memberikan masukan kepada perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam rangka meningkatkan kinerja dan pemahaman karyawan. 

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh objek penelitian sebagai sumber daya yang memiliki karakteristik tertentu didalam suatu penelitian. Didalam penelitian ini objek yang diteliti adalah karyawan pada PT. Belfood yag berjumlah 62 responde. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder yang diperoleh melalui proses wawancara dan kuesioner.

Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan variabel lingkungan kerja berpengaruh seca signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan berdasarkan uji F disiplin kerja dan lingkunngan kerja berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan yaitu F hitung 38,312 > F tabel 4,00 dan dari hasil koefisien korelasi diketahui anatara disiplin kerja, lingkungan kerja dan kinerja karyawan mempunyai hubungan keeratan yang tinggi yaitu sebesar 0,752 serta koefisien determinasi penelitian ini diperoleh dari hasil sebesar 55% kinerja dipengaruhi oleh disiplin kerja dan lingkungan kerja sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. 

Kata Kuci : Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja dan Kinerja Karyawan 


📑 FULL TEXT | PDF


Back to Editions