Volume 04 No. 1 Mei 2024
Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja
Karyawan Pada PT Mekar Tirta Raya Pekanbaru
Rabiatul Adawiyah, Frilla Degustia, Evi Suryati, Damri SM
STIE Dharma Putra
Jl. Imambonjol 75 Pekanbaru
Email: frilladegustia@stiedharmaputra.ac.id
Abstrak
Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Mekar Tirta Raya Pekanbaru. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket (kuesioner), dengan menggunakan metedop engam bilan sampel yaitu sampel jenuh. Dimana jumlah sampel yang didapat berjumlah 32 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier bergan bantuan program software SPSS versi21,0.
Dari hasil penelitian mengenai pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Mekar Tirta Raya Pekanbaru. Hasil uji Pasrsial (t) kompensasi (3,789>2,045), disiplin kerja (4,431>2,045). Dari hasil uji secara simultan menyatakan Fhitung 196,749>Ftabel3,33 artinyakompensasi dan disiplin kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Mekar Tirta Raya Pekanbaru. Besar pengaruh variabe lterlihat dari nilaik oefisien determinasi (R square) yang besarnya adalah 0,931atau93,1% sedan kan sisanya 6,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci .Kompensasi, Disiplin Kerja dan Loyalitas Konsumen.
Pengaruh Promosi, Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Deposito Merdeka
Pada PT Bank KB Bukopin Cabang Pekanbaru
Zainal Abidin, Mira Rosmala, Elvi Lastriani, Wedi Freddy Santoso, Savina Swari Arizoni
STIE Dharma Putra
Jl. Imam Bonjol No. 75 Pekanbaru
Email: mirarosmala@stiedharmaputra.ac.id
Abstrak
Penelitian ini mengkaji pengaruh antara Promosi, Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Deposito Merdeka Bank KB Bukopin Cabang Pekanbaru baik secara parsial maupun secara simultan.
Populasi dan Sampel dari penelitian ini adalah nasabah deposito merdeka Bank KB Bukopin Cabang Pekanbaru yang berjumlah 100 nasabah. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode teknik accidental sampling dan Jenis data menggunakan data primer, metode pengumpulan data menggunakan cara kuesioner dan wawancara dan metode analisis data adalah dengan menggunakan Uji Validitas dan Reliabilitas, uji Hipotesa, Analisis Regresi Berganda, Koefesien Korelasi dan Koefesien Determinasi.
Pada uji validitas dan reliabilitas dapat diketahui bahwa hasil adalah valid dan reliabel. Pada uji parsial (uji t) dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh antara X1 (Promosi) dengan Y (Kepuasan Nasabah), X2 (Lokasi) terhadap Y (Kepuasan Nasabah) dan X3 (Pelayanan) terhadap Y (Kepuasan Nasabah), uji simultan (uji F) dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang simultan antara X1 (Promosi), X2 (Lokasi) dan X3 (Pelayanan) terhadap Y (Kepuasan Nasabah). dan Uji Determinasi (adj R2) antara X1 (Promosi), X2 (Lokasi) dan X3 (Pelayanan) akan memberikan pengaruh positif sebesar 84.6% terhadap Kepuasan Nasabah Deposito Merdeka pada Bank KB Bukopin Cabang Pekanbaru sedangkan sisanya 15.4% dipengaruhi variabel- variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini
Kata Kunci: Promosi, Lokasi dan Pelayanan dan Kepuasan Nasabah
Pengaruh Merek Dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone
(Studi Kasus Pada Pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Riau)
Rozita, Indriaty, Jasmar, Fajrig Arsyelan
STIE Dharma Putra, Pekanbaru
Jl. Imam Bonjol No. 75 Pekanbaru
Email: indriatywibowo@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dengan asumsi bahwa dalam pengambilan keputusan pembelian smartphone akan mempertimbangkan merek dan juga fitur yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana merek dan fitur berpengaruh terhadap keputusan pembelian studi kasus pada pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Random Sampling sebanyak 75 responden yang dipilih dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi berganda.
Hasil pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dimana uji t merek memiliki nilai signifikan sebesar 0,113 > 0,05 dan thitung sebesar 1,606 < ttabel sebesar 1,996. Dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak yang berarti dan fitur secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 dan thitung sebesar 3.444>ttabel sebesar 1,996. Hasil uji-F diketahui nilai Fhitung adalah 22.635 dengan tingkat signifikansi 0,001. Karena nilai signifikan dalam penelitian ini adalah <0,001 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 22.635 > Ftabel sebesar 3.12 maka variabel merek dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien korelasi (R) yang diperoleh dapat dilihat dari nilai R sebesar sebesar 0,621 (62%)
Variabel keputusan pembelian dapat dikontribusikan oleh variabel merek dan fitur sebesar 38,6%. Sedangkan sisanya sebesar 61,4 dikontribisikan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel harga, variabel kualitas, variabel promosi.
Kata Kunci : Merek, Fitur, Keputusan Pembelian
Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Dalam Pembelian
Cat Tembok Wildan Pada CV Cahaya Anugerah Termuda Pekanbaru
Muhammad Solihin, David Opel Alexander, Yudho Wibowo, Andri, Wawan Kurniawan
STIE Dharma Putra Pekanbaru
Jl. Imam Bonjol 75 Pekanbaru
Email: david_opel@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Dalam Pembelian Cat Tembok Wildan Di CV Cahaya Anugerah Termuda Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada 61 konsumen developer yang menjadi pelanggan CV Cahaya Anugerah Termuda pekanbaru. Karena populasi tidak mencapai 100 responden, maka menggunakan metode sensus. Pengambilan data primer dilakukan dengan memberikan kuesioner (mail questionnaire) kepada responden developer di CV Cahaya Anugerah Termuda Pekanbaru.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,709 dan signifikan 0,001<alpha 0,05.
Sedangkan hasil uji hipotesisi dari variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen dalam pembelian cat tembok wildan di CV Cahaya Anugerah Termuda Pekanbaru. menunjukkan koefisien regresi sebesar -0,165 dan signifikan 0,199<alpha 0,05. Sedangkan koefisien determinasi (adjusted ) yang diperoleh sebesar 0,189, hal ini menunjukkan bahwa variabel Promosi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh sebesar 0,189% terhadap variabel minat (Y), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Kata Kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Minat
Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Sabun Mandi Shinzui Pada PT Mitra Sukses Abadi Pekanbaru
Leris Manalu, Delvina Donawati, Israwati, Hermansyah
STIE Dharma Putra
Jl. Imambonjol 75 Pekanbaru
Email: israwati075@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sabun mandi Shinzui Pada PT Mitra Sukses Abadi. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket (kuesioner), Accidental Sampling. Dimana jumlah sampel yang didapat berjumlah 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan bantuan program software SPSS versi 21,0.
Dari hasil penelitian mengenai pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen sabun mandi shinzui pada PT Mitra sukses abadi. Hasil uji variabel Citra Merek (X1) memiliki nilai thitung sebesar 6,833 > 1,984 signifikan 0,000, Hasil uji variabel Kualitas Produk (X2) memiliki nilai thitung sebesar 3,065 > 1,984 signifikan 0,003. Hasil uji Fhitung 81,398 > Ftabel 2,47 artinya Citra Merek dan Kualitas Produk secara simultan memiliki pengaruh signifikan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sabun mandi Shinzui. Besar pengaruh variabel terlihat dari nilai koefisien determinasi (R square) yang besarnya adalah 0,627 atau 62,7% sedangkan sisanya 37,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Citra merek dan Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian
Pengaruh Penempatan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Administrasi
Bagian Umum di Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Rosma, Marwansyah, Bayu Sedih Nanda Ria, Tengkoe Irawan, Nizamil Fadly
STIE Dharma Putra
Jl. Imam Bonjol No.75 Pekanbaru
Email rosmadain@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini dilakukan pada pegawai administrasi Bagian Umum Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penempatan dan lingkungan kerja terhadap prestasi kerja pegawai administrasi Bagian Umum Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas bebas (X) yaitu penempatan dan lingkungan kerja, serta memiliki satu variabel terikat (Y) yaitu prestasi kerja. Pengambilan sampel 69 orang. Hipotesis diduga terdapat pengaruh penempatan dan lingkungan kerja terhadap prestasi kerja pegawai administrasi Bagian Umum Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Hasil dari penelitian ini adalah penempatan berpengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja, lingkungan kerja berpengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja. Penempatan dan lingkungan kerja berpengaruh secara simultan terhadap prestasi kerja pegawai administrasi Bagian Umum Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan koefisien determinasi sebesar 0,562 atau 56,2% yang artinya prestasi kerja dipengaruhi oleh penempatan dan lingkungan kerja pada pegawai administrasi Bagian Umum Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebesar 56,2% sementara sisanya 43,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: penempatan, lingkungan kerja, prestasi kerja
Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja
Karyawan Pada PT Mekar Tirta Raya Pekanbaru
Rabiatul Adawiyah, Frilla Degustia, Evi Suryati, Damri SM
STIE Dharma Putra
Jl. Imambonjol 75 Pekanbaru
Email: frilladegustia@stiedharmaputra.ac.id
Abstrak
Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Mekar Tirta Raya Pekanbaru. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket (kuesioner), dengan menggunakan metedop engam bilan sampel yaitu sampel jenuh. Dimana jumlah sampel yang didapat berjumlah 32 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier bergan bantuan program software SPSS versi21,0.
Dari hasil penelitian mengenai pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Mekar Tirta Raya Pekanbaru. Hasil uji Pasrsial (t) kompensasi (3,789>2,045), disiplin kerja (4,431>2,045). Dari hasil uji secara simultan menyatakan Fhitung 196,749>Ftabel3,33 artinyakompensasi dan disiplin kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Mekar Tirta Raya Pekanbaru. Besar pengaruh variabe lterlihat dari nilaik oefisien determinasi (R square) yang besarnya adalah 0,931atau93,1% sedan kan sisanya 6,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci .Kompensasi, Disiplin Kerja dan Loyalitas Konsumen.
Pengaruh Promosi, Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Deposito Merdeka
Pada PT Bank KB Bukopin Cabang Pekanbaru
Zainal Abidin, Mira Rosmala, Elvi Lastriani, Wedi Freddy Santoso, Savina Swari Arizoni
STIE Dharma Putra
Jl. Imam Bonjol No. 75 Pekanbaru
Email: mirarosmala@stiedharmaputra.ac.id
Abstrak
Penelitian ini mengkaji pengaruh antara Promosi, Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Deposito Merdeka Bank KB Bukopin Cabang Pekanbaru baik secara parsial maupun secara simultan.
Populasi dan Sampel dari penelitian ini adalah nasabah deposito merdeka Bank KB Bukopin Cabang Pekanbaru yang berjumlah 100 nasabah. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode teknik accidental sampling dan Jenis data menggunakan data primer, metode pengumpulan data menggunakan cara kuesioner dan wawancara dan metode analisis data adalah dengan menggunakan Uji Validitas dan Reliabilitas, uji Hipotesa, Analisis Regresi Berganda, Koefesien Korelasi dan Koefesien Determinasi.
Pada uji validitas dan reliabilitas dapat diketahui bahwa hasil adalah valid dan reliabel. Pada uji parsial (uji t) dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh antara X1 (Promosi) dengan Y (Kepuasan Nasabah), X2 (Lokasi) terhadap Y (Kepuasan Nasabah) dan X3 (Pelayanan) terhadap Y (Kepuasan Nasabah), uji simultan (uji F) dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang simultan antara X1 (Promosi), X2 (Lokasi) dan X3 (Pelayanan) terhadap Y (Kepuasan Nasabah). dan Uji Determinasi (adj R2) antara X1 (Promosi), X2 (Lokasi) dan X3 (Pelayanan) akan memberikan pengaruh positif sebesar 84.6% terhadap Kepuasan Nasabah Deposito Merdeka pada Bank KB Bukopin Cabang Pekanbaru sedangkan sisanya 15.4% dipengaruhi variabel- variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini
Kata Kunci: Promosi, Lokasi dan Pelayanan dan Kepuasan Nasabah
Pengaruh Merek Dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone
(Studi Kasus Pada Pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Riau)
Rozita, Indriaty, Jasmar, Fajrig Arsyelan
STIE Dharma Putra, Pekanbaru
Jl. Imam Bonjol No. 75 Pekanbaru
Email: indriatywibowo@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dengan asumsi bahwa dalam pengambilan keputusan pembelian smartphone akan mempertimbangkan merek dan juga fitur yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana merek dan fitur berpengaruh terhadap keputusan pembelian studi kasus pada pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Random Sampling sebanyak 75 responden yang dipilih dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi berganda.
Hasil pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dimana uji t merek memiliki nilai signifikan sebesar 0,113 > 0,05 dan thitung sebesar 1,606 < ttabel sebesar 1,996. Dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak yang berarti dan fitur secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 dan thitung sebesar 3.444>ttabel sebesar 1,996. Hasil uji-F diketahui nilai Fhitung adalah 22.635 dengan tingkat signifikansi 0,001. Karena nilai signifikan dalam penelitian ini adalah <0,001 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 22.635 > Ftabel sebesar 3.12 maka variabel merek dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien korelasi (R) yang diperoleh dapat dilihat dari nilai R sebesar sebesar 0,621 (62%)
Variabel keputusan pembelian dapat dikontribusikan oleh variabel merek dan fitur sebesar 38,6%. Sedangkan sisanya sebesar 61,4 dikontribisikan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel harga, variabel kualitas, variabel promosi.
Kata Kunci : Merek, Fitur, Keputusan Pembelian
Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Dalam Pembelian
Cat Tembok Wildan Pada CV Cahaya Anugerah Termuda Pekanbaru
Muhammad Solihin, David Opel Alexander, Yudho Wibowo, Andri, Wawan Kurniawan
STIE Dharma Putra Pekanbaru
Jl. Imam Bonjol 75 Pekanbaru
Email: david_opel@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Dalam Pembelian Cat Tembok Wildan Di CV Cahaya Anugerah Termuda Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada 61 konsumen developer yang menjadi pelanggan CV Cahaya Anugerah Termuda pekanbaru. Karena populasi tidak mencapai 100 responden, maka menggunakan metode sensus. Pengambilan data primer dilakukan dengan memberikan kuesioner (mail questionnaire) kepada responden developer di CV Cahaya Anugerah Termuda Pekanbaru.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,709 dan signifikan 0,001<alpha 0,05.
Sedangkan hasil uji hipotesisi dari variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen dalam pembelian cat tembok wildan di CV Cahaya Anugerah Termuda Pekanbaru. menunjukkan koefisien regresi sebesar -0,165 dan signifikan 0,199<alpha 0,05. Sedangkan koefisien determinasi (adjusted ) yang diperoleh sebesar 0,189, hal ini menunjukkan bahwa variabel Promosi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh sebesar 0,189% terhadap variabel minat (Y), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.
Kata Kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Minat
Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Sabun Mandi Shinzui Pada PT Mitra Sukses Abadi Pekanbaru
Leris Manalu, Delvina Donawati, Israwati, Hermansyah
STIE Dharma Putra
Jl. Imambonjol 75 Pekanbaru
Email: israwati075@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sabun mandi Shinzui Pada PT Mitra Sukses Abadi. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket (kuesioner), Accidental Sampling. Dimana jumlah sampel yang didapat berjumlah 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan bantuan program software SPSS versi 21,0.
Dari hasil penelitian mengenai pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen sabun mandi shinzui pada PT Mitra sukses abadi. Hasil uji variabel Citra Merek (X1) memiliki nilai thitung sebesar 6,833 > 1,984 signifikan 0,000, Hasil uji variabel Kualitas Produk (X2) memiliki nilai thitung sebesar 3,065 > 1,984 signifikan 0,003. Hasil uji Fhitung 81,398 > Ftabel 2,47 artinya Citra Merek dan Kualitas Produk secara simultan memiliki pengaruh signifikan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sabun mandi Shinzui. Besar pengaruh variabel terlihat dari nilai koefisien determinasi (R square) yang besarnya adalah 0,627 atau 62,7% sedangkan sisanya 37,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Citra merek dan Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian
Pengaruh Penempatan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Administrasi
Bagian Umum di Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Rosma, Marwansyah, Bayu Sedih Nanda Ria, Tengkoe Irawan, Nizamil Fadly
STIE Dharma Putra
Jl. Imam Bonjol No.75 Pekanbaru
Email rosmadain@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini dilakukan pada pegawai administrasi Bagian Umum Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penempatan dan lingkungan kerja terhadap prestasi kerja pegawai administrasi Bagian Umum Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas bebas (X) yaitu penempatan dan lingkungan kerja, serta memiliki satu variabel terikat (Y) yaitu prestasi kerja. Pengambilan sampel 69 orang. Hipotesis diduga terdapat pengaruh penempatan dan lingkungan kerja terhadap prestasi kerja pegawai administrasi Bagian Umum Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Hasil dari penelitian ini adalah penempatan berpengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja, lingkungan kerja berpengaruh secara parsial terhadap prestasi kerja. Penempatan dan lingkungan kerja berpengaruh secara simultan terhadap prestasi kerja pegawai administrasi Bagian Umum Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan koefisien determinasi sebesar 0,562 atau 56,2% yang artinya prestasi kerja dipengaruhi oleh penempatan dan lingkungan kerja pada pegawai administrasi Bagian Umum Rektorat UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebesar 56,2% sementara sisanya 43,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: penempatan, lingkungan kerja, prestasi kerja