Back to Editions

2022 -2

Volume 02 No. 2 Tahun 2022

Volume 02 No. 2 November 2022

Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Pemimpin Terhadap Kualitas Pelayanan Teller Pada Nasabah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Pekanbaru

Bayu Kurnia Saputro, Damri SM, Fajrig Arsyelan

STIE Dharma Putra pekanbaru

Jl. Imam Bonjol No. 75

Email: damri@stiedharmaputra.ac.id

ABSTRAK Penelitian ditujukan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan motivasi pemimpin terhadap kualitas pelayanan teller pada nasabah yang bekerja di Bank Negara Indonesia Provinsi Riau. Pekanbaru. Sampel diambil keseluruhan 32 orang Teller seluruh cabang Bank Negara Indonesia, dengan penelitian sensus dimana seluruh populasi menjadi responden atau sampel dari penelitian. Melihat hasil kuesioner yang telah diperoleh, rata-rata karyawan menganggap setuju bahwa kualitas pelayanan dipengaruhi oleh lingkungan kerja dan motivasi pemimpin. Kuesioner penelitian telah dinyatakan memiliki sebaran data normal, tidak memiliki variabel independen yang saling berkorelasi, memiliki data homokedastisitas, valid dan reliabel. Hasil uji validitas dan dimana r hitung besar dari r tabel 0,349 dan realibiltas memiliki nilai lebih besar dari conbrach’s alpha 0,60. Persamaan analisis regresi berganda mendapatkan persamaan Y= 4,881+0,573X1+0,970X2 dimana lingkungan kerja dan motivasi pemimpin menunjukkan besaran positif dalam mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap nasabah dari teller di Bank Negara Indonesia. Uji partial menunjukkan hasil t hitung lingkungan kerja sebesar 2,239 lebih besar dari t tabel 2,045 yang menunjukkan secara signifikan lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan teller, dan pada t hitung motivasi pemimpin sebesar 2,697 lebih besar dari t tabel 2,045 menunjukkan secara signifikan motivasi pemimpin memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan teller. Uji simultan menunjukkan hasil f hitung sebesar 87,935 lebih besar dari f tabel 3,29 menunjukkan bahwa secara signifikan lingkungan kerja dan motivasi pemimpin bersama-sama berpengaruh terhadap kualitas pelayanan teller. Koefisien korelasi 0,927 berada pada kisaran 0,75 hingga 0,99 menunjukkan interpretasi korelasi yang sangat kuat antara variabel lingkungan kerja dan motivasi pemimpin terhadap variabel kualitas pelayanan teller. Koefisien determinasi 0,858 menunjukkan 85,8% variabel lingkungan kerja dan motivasi pemimpin terhadap variabel kualitas pelayanan teller sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Motivasi Pemimpin, Kualitas Pelayanan


📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Dalam Pembelian Cat Tembok Wildan Di CV Cahaya Anugerah Termuda Pekanbaru

Muhammad Solihin, Elvi Lastriani, Andri

STIE Dharma Putra

Jl. Imambonjol 75

Email: muhammadsolihin931@yahoo.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Dalam Pembelian Cat Tembok Wildan Di CV Cahaya Anugerah Termuda Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada 61 konsumen developer yang menjadi pelanggan CV Cahaya Anugerah Termuda pekanbaru. Karena populasi tidak mencapai 100 responden, maka menggunakan metode sensus. Pengambilan data primer dilakukan dengan memberikan kuesioner (mail questionnaire) kepada responden developer di CV Cahaya Anugerah Termuda Pekanbaru.

Pengelola dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS (Statistical Product And Service Solution). Pengujian data yang di gunakan untuk regresi linear berganda adalah uji kualitas data dan uji asumsi klasik.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,709 dan signifikan 0,001<alpha 0,05.

Sedangkan hasil uji hipotesisi dari variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat konsumen dalam pembelian cat tembok wildan di CV Cahaya Anugerah Termuda Pekanbaru. menunjukkan koefisien regresi sebesar -0,165 dan signifikan 0,199<alpha 0,05. Sedangkan koefisien determinasi (adjusted ) yang diperoleh sebesar 0,189, hal ini menunjukkan bahwa variabel Promosi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh sebesar 0,189% terhadap variabel minat (Y), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Kata Kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Minat



📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Komisaris Independen, Komite Manajemen Risiko, Chief Risk Officer Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Enterprise Risk Management Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018

Ferizal Rachmad, Riski Rismawati

Email : ferizal@uin-suska.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komisaris independen, keberadaan komite manajemen risiko, Chief Risk Officer dan leverage terhadap pengungkapan Enterprise Risk Management (ERM) pada perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah populasi sebesar 13 perusahaan dan sampel sebesar 10 perusahaan. Penerapan ERM diukur berdasarkan indeks ERM dengan mempertimbangkan delapan dimensi COSO ERM framework. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda dan menggunakan alat bantu program komputer EViews versi 10. Berdasarkan perhitungan secara parsial yaitu dengan menggunakan uji t diketahui bahwa komisaris independen, tidak mempengaruhi pengungkapan ERM. sedangkan, komite manajmen risiko, chief risk officer dan leverage berpengaruh secara persial terhadap pengungkapan ERM. Untuk pengujian hipotesis secara simultan dengan menggunakan nilai F diketahui bahwa komisaris independen, komite manajmen risiko, chief risk officer dan leverage berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pengungkapan ERM. Kemudian pada hasil koefisien determinasi (R 2 ) menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikatnya adalah sebesar 74% dan sisanya sebesar 26% merupakan sumbangan dari variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model yang diajukan dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Komisaris Independen, Komite Manajemen Risiko, Chief Risk Officer, Leverage dan Pengungkapan Enterprise Risk Management (ERM)


📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Minat Beli Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Alat Tulis Kantor Pada PT Cinter Stationery di Pekanbaru

Lidya Imeiner, Yudho Wibowo, Bayu Sedih Nanda Ria

STIE Dharma Putra pekanbaru

Jl. Imam Bonjol No. 75

Email: yudhowibowo@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Penelitian in dilakukan pada PT Cinter Stationary Pekanbaru, PT Cinter Stationary Pekanbaru yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman No.176 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh minat beli dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian alat tulis kantor pada PT Cinter Stationary Pekanbaru.

Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh konsumen yang membeli alat tulis kantor pada PT Cinter Stationary Pekanbaru yang jumlah nya 3.161 konsumen dan sampel 97. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode questioner, observasi, dokumentasi. Untuk menganalisa data digunakan analisis regresi linier berganda , uji hipotesa, uji korelasi dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan pengolahan program SPSS versi 16.0.

Dari pembahasan mengenai pengaruh minat beli dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian dalam membeli alat tulis kantor pada PT Cinter Stationary Pekanbaru. Dari hasil uji hipotesis dalam penelitian diketahui bahwa minat beli berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Hipotesis yang kedua persepsi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa penerapan Minat Beli berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan koefisien regresi sebesar 0,442 dan signifikan 0,000 (alpha 0,05). Sedangkan Persepsi tidak berpengaruh signifikan dengan koefisen regresi sebesar -0,075 dan signifikan 0,559 (alpha 0,05). Sedangkan koefisen determinasi (adjusted R2 ) yang diperoleh sebesar 0,286 dengan tingkat signifikan 71,4 hal ini variabel Minat Beli (X1) dan Persepsi (X2) berpengaruh sebesar 28,6% terhadap variabel Keputusan Pembelian, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain.

Kata Kunci : Minat beli, Persepsi, Keputusan Pembelian

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank DBS Pekanbaru

Darmen Munte, Marwansyah, Frilla Degustia

STIE Dharma Putra

Jl. Imambonjol 75

Email: jacksaragi92@gmail.com

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada PT Bank DBS Pekanbaru sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan. Tujuan penelitian ini adalahjawaban atas rumusan masalah yaitu untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap Kepuasan Nasbah pada PT Bank DBS Pekanbaru.

Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 78 orang responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas Promosi (X1)danKualitasPelayanan (X2)beserta KepuasanNasabah (Y). Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23.

Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang significant antara Variabel Promosi dan KualitasPelayanan terhadap KepuasanNasabah.Hasil Uji secara simultan menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara variabel Promosi dan Kualitas Pelayanan secara bersamasama terhadap Kepuasan Nasabah pada PT.Bank DBS Pekanbarudengan hubungan korelasi yang kuat, Besarnya koefisien determinasi R Square sebesar 0,737artinya variabel independen yang terdiri dari Promosi danKualitasPelayanan dapat menjelaskan KepuasanNasabah sebesar 73,7% dan sisanya 26,3%dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.

Kata Kunci: Promosi, KualitasPelayanandanKepuasanNasabah

.

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap KepuasanPelanggan Pada PT Shield On Service Tbk. Cabang Pekanbaru

Yakobus Yusdi Marbun, Israwati, Hermansyah

Stie Dharma Putra

Jl.Imam Bonjol No. 75

email: yakobusmarbun@gmail.com

Abstrak

Penelitian ini mengkaji hubungan antara tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty terhadap kepuasan pelanggan pada PT SOS Indonesia Cabang Pekanbaru baik secaraparsial maupun secara simultan.

Populasi dan Sampel dari penelitian ini adalah pelanggan PT SOS Indonesia Cabang Pekanbaru yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode accidental sampling dan Jenis data menggunakan data primer, metode pengumpulan data menggunakan cara kuesioner dan wawancara dan metode analisis data adalah dengan menggunakan Uji Validitas dan Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, uji Hipotesa dan Koefesien Korelasi dan Koefesien Determinasi.

Pada uji validitas dan reliabilitas dapat diketahui bahwa hasil adalah valid dan reliabel. Darihasil analisis data menggunakan SPSS dengan uji simultan (uji F) dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang simultan antara tangible (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4) dan emphaty (X5) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Pada uji parsial (uji t) dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh pelayanan (tangible-X1, reliability-X2, responsiveness-X3, assuranceX4 dan emphaty-X5 terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) dan UjiDeterminasi (adj R2) bahwa Kepuasan Pelanggan (Y) dapat dijelaskan oleh tangible (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4) dan emphaty (X5) akan memberikan pengaruh positif sebesar 93,4% sedangkan sisanya 6,6% dipengaruhi variabel-variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini

Kata Kunci : Pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty) danKepuasan Pelanggan

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Motivasi Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Pekanbaru

Jasmar, Delvina Donawati, Evi Suryaty

STIE Dharma Putra

Jl. Imambonjol 75

Email: nilas9822@gmail.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Pekanbaru.Penelitian ini dilakukan pada 50 perawat rumah sakit bhayangkara.Karena populasi tidak mencapai 100 responden, maka yang menjadi sampel penelitian adalah semua responden dengan menggunakan metode sensus.Pengumpulan data primer dilakukan dengan memberikan kuesioner (mail questionnaire) kepada responden bagian Perawat Rumah Sakit Bhayangkara.

Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS (Statistical Product And Service Solution). Pengujian data yang digunakan untuk regresi linear berganda adalah uji kualitas data dan uji asumsi klasik.

Berdasar hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan Motivasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perawat dengan koefisien regresi sebesar 0,513 dan signifikan 0,000 (alpha 0,05). Sedangkan Pelatihan tidak berpengaruh signifikan dengan koefisien regresi sebesar -0,079 dan signifikan 0,740 (alpha 0,05). Sedangkan koefisien determinasi (adjusted R2 ) yang diperoleh sebesar 0,336 dengan tingkat signifikan 66,4, hal ini variabel Motivasi (X1) dan pelatihan (X2) berpengaruh sebesar 33,6% terhadap variabel Kinerja (Y), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh factor-faktor lain. Kata Kunci : Motivasi,Pelatihan, Kinerja Perawat

📑 FULL TEXT | PDF



Analisis Pengaruh Minat Beli Konsumen Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sparepart Alat Berat Pada PT Trijaya Adhi Mukti Pekanbaru

Epianus Harefa, Nizamil Fadli, Tengkoe Irawan

Stie Dharma Putra Pekanbaru

Jl. Imam Bonjol No. 75E-mail: Epiharefa95@gmail.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat beli konsumen danekuitas merek terhadap keputusan pembelian sparepart pada PT Tri Jaya Adhimukti Pekanbaru. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah pelanggan/pembeli dari PT Tri Jaya Adhimukti Pekanbaru. yang berlamat di Jl. Hangtuah III, Pangkalan Kerinci. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 185 yaitu data pelanggan pada tahun 2019. Karena keterbatasan waktu, dana dan tenaga penulis menentukan sampel yang di teliti berdasarkan rumus slovin, sehingga jumlah sampel yang diambil menjadi 64,91 orang atau digenapkan menjadi 65 orang responden. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS yaitu versi 23. Pengujian data yang digunakan untuk regresi linearberganda yaitu uji asumsi klasik dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial minat beli konsumen (X1) dan ekuitas merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan secarasimultan juga menunjukkan bahwa minat beli konsumen (X1) dan ekuitas merek (X2) berpengaruhsignifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan Fhitung > Ftabel yaitu 60,719 > 3,140. Nilai R Square menunjukkan hasil sebesar 0,662 yang artinya 66,2% keputusan pembelian dipengaruhi oleh minat beli konsumen (X1) dan ekuitas merek (X2). Sedangkan sisanya 33,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar penelitian ini seperti kualitas produk, penetapan harga, lokasi, pelayanan dan sebagainya. Kata Kunci : Minat Beli Konsumen, Ekuitas Merek dan Keputusan Pembelian.

📑 FULL TEXT | PDF



Back to Editions