Back to Editions

2022 -1

Volume 02 No. 1 Tahun 2022

Volume 02 No. 1 April 2022

Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Metro Abadi Sempurna Semesta

Riang Hati Nduru, Israwati

STIE Dharma Putra

Jl. Imam Bonjol No. 75

Email: israwati@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Dalam penelitian ini terdapat tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Metro Abadi Sempurna Semesta. Penelitian ini di lakukan pada 65 karyawan PT Metro Abadi Sempurna Semesta, yang berlokasi di jalan Harapan Raya No.201 Kota Pekanbaru. Populasi seluruh karyawan yang PT. Metro Abadi Sempurna Semesta berjumlah 65 orang, karena jumlah populasi relative kecil, maka yang sampel penelitian menggunakan metode sensus. Pengumpulan data primer dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada responden. Dimana, metode analisis data menggunakan regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil pengujian pada variabel motivasi di peroleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,298 > 1,999) dan sig 0,00 < 0,05 dengan demikian dapat di simpulkan bahwa variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Metro Abadi Sempurna Semesta. Hasil lingkungan kerja di peroleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,691 > 1,999) dan sig 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa variabel lingkungan kerja berpengaruh berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Metro Abadi Sempurna Semesta. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang di lakukan di ketahui bahwa kedua variabel motivasi dan lingkungan kerja terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan PT Metro Abadi Sempurna Semesta. Dimana, factor yang paling dominan mempengaruhi kinerja karyawan pada PT Metro Abadi Sempurna Semesta adalah variabel lingkungan kerja.

Kata kunci : Motivasi, Lingkungan Kerja, Kinerja


📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Semangat Kerja Terhadap Prestasi Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan

Ricky Gustian Wanda Putra, Evi Suryati

STIE Dharma Putra

Jl. Imam Bonjol No. 75

Email: evisuryati@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau yang berlokasi di Jalan Komplek Perkantoran Pemda, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau 28654, Indonesia.

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis budaya organisasi, disiplin kerja dan semangat kerja secara budaya berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Pendididkan Kabupaten Pelalawan.

Budaya organisasi, disiplin kerja dan semangat kerja berpengaruh secara simultan terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan. Hal ini diketahui dari hasil penelitian bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel. Budaya organisasi berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan. Hal ini diketahui dari nilai thitung budaya organiasi (X1) lebih besar dari ttabel. Sehingga budaya organisasi (X1) berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan (Y). Disiplin kerja berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan. Hal ini diketahui dari nilai thitung disiplin kerja (X2) lebih besar dari ttabel. Sehingga disiplin kerja (X2) berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan (Y). Semangat kerja berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan. Hal ini diketahui dari nilai thitung semangat kerja (X3) lebih besar dari ttabel. Sehingga semangat kerja (X3) berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan (Y)

Kata kunci : budaya organisasi, disiplin kerja, semangat kerja, prestasi.

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Disiplin Dan KepemimpinanTerhadap Kinerja Karyawan Kopkar PT Indofood Sukses Makmur Pekanbaru

Gusri, Marwansyah

STIE Dharma Putra

Jl. Imam Bonjol No. 75

Email: marwansyah@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat, mengetahui besarnya Pengaruh Disiplin dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Kopkar PT. Indofood Sukses Makmur Pekanbaru. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah para Karyawan Kopkar PT. Indofood Sukses Makmur Pekanbaru.

Dalam penelitian ini yang menjadi Populasi adalah Karyawan Kopkar PT. Indofood Sukses Makmur Pekanbaru yang berjumlah 32 orang, karena keterbatasan semua populasi dijadikan sampel dalam penelitian (teknik sensus). Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari karyawan Kopkar PT. Indofood Sukses Makmur Pekanbaru melalui observasi dan penyebaran kuesioner.

Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan secara simultan dengan perhitungan uji F Disiplin dan Kepemimpinan berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan pada Kopkar PT. Indofood Sukses Makmur Pekanbaru. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,910 atau 91%, ini menunjukkan bahwa Disiplin dan Kepemimpinan berpengaruh sebesar 91% terhadap Kinerja Karyawan Kopkar PT. Indofood Sukses Makmur Pekanbaru. Kemudian hasil penelitian dan perhitungan uji t menunjukkan bahwa Disiplin secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja. Kepemimpinan secara parsial berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan pada Kopkar PT. Indofood Sukses Makmur Pekanbaru.

Kata Kunci : Disiplin, Kepemimpinan dan Kinerja Karyawan


📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motor Yamaha Mio Pada CV Riau Berlian Motor Pekanbaru

Suratno, Delvina Donawati

STIE Dharma Putra

Jl. Imam Bonjol No. 75

Email: delvinadonawati@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Berdasarkan uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variable kualitas pelayan (X1), variable harga (X2), variable produk (X3), secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen dalam membeli Sepeda Motor Yamaha Mio pada CV. Riau Berlian Motor Pekanbaru. Sedangkan variabel independen yang keempat yaitu variable promosi (X4) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen dalam membeli Sepeda Motor Yamaha Mio pada CV. Riau Berlian Motor Pekanbaru. Sementara secara uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel Kualitas pelayanan (X1), Harga (X2), Produk (X3) dan Promosi (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Konsumen dalam membeli Sepeda Motor Yamaha Mio pada CV. Riau Berlian Motor Pekanbaru.

Melihat nilai Koefisien Korelasi (R) sebesar 0.685. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan variabel Kualitas pelayanan (X1), Harga (X2), Produk (X3) dan Promosi (X4) terhadap Keputusan Konsumen dalam membeli Sepeda Motor Yamaha Mio pada CV. Riau Berlian Motor Pekanbaru berada dalam kategori kuat. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian Koefisien Determinasi (R2) diketahui bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0.435 atau 43.5 %, menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel Kualitas pelayanan (X1), Harga (X2), Produk (X3) dan Promosi (X4) memberikan sumbangan pengaruh terhadap Keputusan Konsumen dalam membeli Sepeda Motor Yamaha Mio pada CV. Riau Berlian Motor Pekanbaru sebesar 43.5%, sedangkan sisanya sebesar 56.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : keputusan konsumen, kualitas pelayanan, produk, harga, promosi

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Astra International Tbk. - Isuzu Cabang Pekanbaru

Elsaria Manalu, Elvi Lastriani

STIE Dharmaputra

Email: elvilastriani@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di PT Astra International Tbk-Isuzu Cabang Pekanbaru bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Motivasi dan Disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket (kuesioner). Jumlah sampel yang didapat berjumlah 32 orang dari keseluruhan populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan bantuan program software SPSS versi 21.

Dari hasil penelitian mengenai pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT Astra International Tbk-Isuzu Cabang Pekanbaru. Hasil uji variabel motivasi (X1) memiliki nilai thitung sebesar 3.437 > 2.045 signifikan 0,000, Hasil uji variabel Disiplin kerja (X2) memiliki nilai thitung sebesar 5.082 > 2.045 signifikan 0,000. Hasil uji Fhitung 384.349 > Ftabel 2.50 artinya motivasi secara simultan memiliki pengaruh signifikan Terhadap kinerja karyawan. Besar pengaruh variabel terlihat dari nilai koefisien determinasi (R square) yang besarnya adalah 0.964 atau 96.4% sedangkan sisanya 3.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : Motivasi, disiplin kerja, Kinerja

.

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Hunian Kamar Pada Hotel Grand Madina Pekanbaru

Gugus Heru Pramono, Frilla Degustia

STIE Dharma Putra

Jl. Imam Bonjol No. 75

Email: frilladegustia@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh produk, tarif, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik terhadap tingkat hunian kamar di Hotel Grand Madina Pekanbaru. Penelitian ini melibatkan 60 orang pelanggan Hotel Grand Madina Pekanbaru.

Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data tersebut dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda. Analisa deskripsi variabel yang terdiri dari produk, tarif, promosi, lokasi, orang, proses, dan bukti fisik terbukti mempengaruhi peningkatan tingkat hunian.

Hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa seluruh strategi pemasaran yang terdiri dari produk, tarif, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik mempengaruhi tingkat hunian didapatkan dari persamaan sebagai berikut:

Y = 2,146 + 0,402X1 - 0,921X2 + 0,297X3 + 0,181X4 + 0,055X5 + 0,259X6 - 0,483X7.

Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa produk, tarif, lokasi dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap tingkat hunian. Sedangkan promosi, orang dan proses tidak berpengaruh signifikan Variabel tarif menjadi variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap tingkat hunian, sedangkan variabel bukti fisik yang paling lemah pengaruhnya terhadap tingkat hunian. Hasil uji simultan (F) menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel dan signifikan < 0,05 dengan demikian produk, tarif, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik mempengaruhi tingkat hunian secara simultan.

Kata kunci: Strategi pemasaran, Tingkat hunian.

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Human Relation Dan Reward Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Jalur Nugraha Ekakurir Pekanbaru

Ermi Yuni Susanti, Nizamil Fadly

STIE Dharma Putra

Email: nizamilfadhli21@gmail.com

Abstrak

Penelitian dilakukan PT Jalur Nugraha Ekakurir Pekanbaru yang berlokasi di jalan Sisingamaraja No. 299 Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh human relation terhadap kinerja karyawan Pada PT Jalur Nugraha Ekakurir Pekanbaru, untuk mengetahui pengaruh reward terhadap kinerja karyawan Pada PT Jalur Nugraha Ekakurir Pekanbaru, untuk mengetahui pengaruh human relation dan reward terhadap kinerja karyawan. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan sampel berjumlah 43 orang, dengan menggunakan metode sensus. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda.

Bedasarkan hasil pengujian pada variabel human relation diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2.743 > 2.021). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel human relation mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Jalur Nugraha Ekakurir Pekanbaru. Bedasarkan hasil pengujian pada variabel reward diperoleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,074 > 2.021). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel reward mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Jalur Nugraha Ekakurir Pekanbaru. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan diketahui bahwa kedua variabel human relation dan reward terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Jalur Nugraha Ekakurir Pekanbaru. Dimana faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja karyawan adalah faktor human relation.

Rekomendasi yang dapat di ajukan adalah diharapkan PT Jalur Nugraha Ekakurir Pekanbaru untuk dapat lebih meningkatkan pada variabel human relation dimana diketahui dari persentasenya yaitu sebesar 46.98% yang menyatakan cukup setuju. Jadi dapat disimpulkan bahwa responden/karyawan telah menganggap human relation yang dilakukan pihak perusahaan kepada karyawan belum diterapkan dengan baik. Apabila ini dapat dipertahankan maka akan dapat menurunkan kinerja karyawan.

Kata kunci : Human Relation, Reward Dan Kinerja.

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Iklim Organisasi Dan Komunikasi Efektif Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Mandiri Cabang Pekanbaru

Bayu Saputra, Damri SM

STIE Dharma Putra

Jl. Imam Bonjol No. 75

Email: damrism@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh Iklim Organisasi (X1) dan komunikasi efektif (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) pada Bank Syariah Mandiri cabang Pekanbaru serta untuk menganalisis variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y) pada Bank Syariah Mandiri cabang Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada Bank Syariah Mandiri Cabang Pekanbaru. Sedangkan waktu penelitian dilakukan kurang lebih satu bulan jumlah sampel sebanyak sebanyak 50 yang antara lain merupakan anggota tim kerja pada divisi sales, collection, account saving Consdience (ASC), dan loan signing (LOS)

Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif sedangkan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan analisis regresi linier berganda dan parsial dengan menggunakan SPSS Versi 21.0. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel Iklim Organisasi (X1) dan komunikasi efektif (X2) secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap terhadap kinerja karyawan (Y) pada Bank Syariah Mandiri cabang Pekanbaru. Dapat dilihat dari hasil uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa sig F sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 16,908 > Ftabel 3,195. Sedangkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Iklim Organisasi (X1) tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y) hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,100 > 0,05 dan nilai thitung |-1,677| < ttabel 2,012 dan. Dengan demikian, Iklim Organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan. Sementara melihat hasil pengujian kedua yaitu pengujian terhadap variable komunikasi efektif (X2) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 > 0,05 dan nilai nilai thitung 5,480 > ttabel 2,012, artinya Komunikasi efektif (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan (Y). Uji korelasi (R) = 0,647. Nilai ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel independen Iklim Organisasi (X1) dan Komunikasi efektif (X2) dengan Kinerja (Y) adalah sangat erat atau sangat kuat. Sedangkan uji R2 (Adjusted R Square) sebesar nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi sebesar 0,418. Koefisien determinasi ini menunjukkan bahwa variabel Iklim Organisasi (X1) dan Komunikasi efektif (X2) sebesar 41,8% dapat menerangkan variasi perubahan dari variabel terikat Kinerja (Y) atau Iklim Organisasi dan Komunikasi efektif mempengaruhi Kinerja sebesar 41,8% sedangkan selebihnya atau sebesar 58,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

Kata kunci : Iklim Organisasi dan Komunikasi Efektif serta kinerja karyawan

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Semangat Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada CV Pangian Indah Pekanbaru

Eldawati, Tengkoe Irawan

STIE Dharma Putra

Jl. Imam Bonjol No 75 Pekanbaru

tengkoeirawan@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah semangat kerja dan limgkungan kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja pada CV Pangian Indah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh semangat kerja dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja CV Pangian Indah. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatkan dari perkuliahan manajemen, selain itu memberikan masukan kepada pihak perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja karyawan dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat memberikan informasi dan referensi tambahan.

Objek penelitian ini adalah CV Pangian Indah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menekankan pada pengujian hipotesis. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu variabel semangat kerja (X1) dan lingkungan kerja (X2) serta variabel produktivitas kerja (Y). Metode sampling pada penelitian ini adalah metode sensus dengan cara menyebarkan kuesioner kepada seluruh karyawan berjumlah 35 orang.

Berdasarkan hasil analisis, uji t diketahui bahwa variabel semangat kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas sedangkan variabel lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas Berdasarkan uji F diketahui bahwa semangat kerja dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Koefisien korelasi menunjukkan variabel semangat kerja dan lingkungan kerja mempunyai tingkat korelasi yang tinggi pada variabel produktivitas kerja. Serta koefisien determinasi penelitian sebesar 48,4%.

Kata kunci: semangat kerja, lingkungan kerja dan produktifitas kerja.

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Rekrutmen Dan Jaminan Sosial Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Rajawali Guna Bangsa Pekanbaru

Marjani, Hermansyah

STIE Dharma Putra

Jl. Imam Bonjol No. 75 Pekanbaru

Email: hermansyah@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada PT Rajawali Guna Bangsa Pekanbaru sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa penyedian tenaga kerja. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling.

Tujuan penelitian ini adalah jawaban atas rumusan masalah yaitu untuk mengetahui pengaruh Rekrutmen dan Jaminan Sosial baik secara parsial maupun secara simultan terhadap Kinerja Karyawan pada PT Rajawali Guna Bangsa Pekanbaru.

Untuk memproleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 78 orang responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas Rekrutmen (X1) dan Jaminan Sosial (X2) serta Kinerja Karyawan (Y). Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 19.00.

Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikant antara Variabel Rekrutmen dan Jaminan Sosial terhadap kinerja Karyawan. Hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel Rekrutmen dan Jaminan Sosial secara bersama-sama terhadap Kinerja Karyawan pada PT Rajawali Guna Bangsa Pekanbaru dengan hubungan korelasi yang sangat kuat.

Kata Kunci: Kinerja Karyawan, Rekrutmen, Jaminan Sosial

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Pendidikan, Pelatihan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Workshop Pada PT Toyota Agung Automall Arengka Pekanbaru

Nopri Wahyu Saputra, Fajrig Arsyelan

STIE Dharma Putra

Jl. Imam Bonjol No. 75 Pekanbaru

Email: fajrigarsyelan@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Penelitian dilakukan di PT Toyota Agung Automall Arengka Pekanbaru bertempat di Jl. Arengka No 13 Pekanbaru - Riau. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan, pelatihan dan kompensasi terhadap kinerja karyawan secara parsial maupun secara simultan pada karyawan bagian workshop PT Toyota Agung Automall Arengka Pekanbaru. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan sampel yang berjumlah 53 orang, dengan menggunakan metode sensus. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda.

Bedasarkan hasil pengujian pada variabel pendidikan dan pelatihan diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (4.520 > 2.008) dan sig 0,000 < 0,05 kemudian hasil pengujian pada variabel kompensasi diperoleh thitung > ttabel (2.626 > 2.008) dan sig 0,011 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel pendidikan, pelatihan dan kompensasi secara parsial memiliki pengaruh yang kuat dalam mempengaruhi kinerja karyawan PT Toyota Agung Automall Arengka Pekanbaru. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan diketahui bahwa kedua variabel pendidikan, pelatihan dan kompensasi terbukti memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan PT Toyota Agung Automall Arengka Pekanbaru. Dimana faktor yang paling dominan mempengaruhi kinerja karyawan adalah faktor pendidikan dan pelatihan.

Rekomendasi yang dapat di ajukan adalah diharapkan perusahaan dapat meningkatkan atau minimal mempertahankan pada variabel pendidikan, pelatihan yang diukur menggunakan nilai kebutuhan, Memastikan bahwa karyawan punya motivasi untuk menguasai isi pendidikan dan pelatihan, menciptakan lingkungan belajar, memastikan bahwa karyawan yang dilatih menerapkan isi pendidikan dan pelatihan, menyeleksi atau pemilihan metode pendidikan dan pelatihan dan evaluasi program pendidikan dan pelatihan, walaupun adakalanya perusahaan dalam memberikan pendidikan dan pelatihan kepada karyawan tidak melibatkan secara keseluruhan akan tetapi hal tersebut telah dimaklumi oleh karyawan.

Kata kunci : Pendidikan & Pelatihan, Kompensasi Dan Kinerja Karyawan

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Kompensasi Dan Stres Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT Duta Ponsel Pekanbaru

Putri Sari Dewi, Bayu Sedih Nanda Ria

STIE Dharma Putra

Email: bayusnr@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kompensasi dan Stres Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT Duta Ponsel Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan adalah dengan menggunakan metode sensus.

Uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan pada data-data penelitian yang dihimpun dan diolah oleh peneliti telah valid dan reliabel sehingga data-data tersebut dapat dipergunakan lebih lanjut pada penelitian ini.

Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompensasi dan stress kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Duta Ponsel Pekanbaru baik dilakukan secara parsial melalui uji t maupun simultan melalui uji F.

Besarnya kontribusi variabel independen yang dihitung melalui uji koefisien determinasi (R2) pada variabel penelitian yaitu variabel kompensasi dan stres kerja terhadap produktivitas kerja menunjukkan nilai 81,3% sedangkan 18,7% diberikan kontribusi oleh variabel lain seperti variabel budaya organisasi, kompetensi serta disiplin kerja.

Dalam meningkatkan produktivitas kerja pada PT Duta Ponsel Pekanbaru diharapkan perusahaan dapat melakukan evaluasi secara kontiniu pada variabel kompensasi dan stress kerja karyawan dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Kata Kunci : Kompensasi, Stres Kerja, Produktivitas Kerja Karyawan

📑 FULL TEXT | PDF


Analysis Of Corporate Bankruptcy (Case Study On Coal Companies Listed On The Indonesia Stock Exchange For 2016-2019 Period)

Andri

STIE Dharma Putra pekanbaru

Jl. Imam Bonjol No. 75

Email: andriadelina2004@gmail.com

Abstract

The purpose of this study is to find out how the level of bankruptcy, the most accurate prediction model and differences in the level of bankruptcy from several theories in coal mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The basis of this research is the bankruptcy theory of the Altman model, the Foster model, the Zmijewski model, the Springate model, and the Grover model. The method of determining the sample used is purposive sampling method, data collection is obtained by data collection institutions and published to the public using data and the data obtained are analyzed using SPSS 21. Based on the results of the analysis, the results show that there are differences There are differences in the results of bankruptcy between the Altman, Foster, Springate, Zmijewski, and Grover models in predicting bankruptcy in coal mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The Grover model is the most suitable predictive model to be applied to coal mining companies listed on the Indonesia Stock Exchang.

Keywords : Corporate Bankruptcy Models (Altman model, Foster model, Zmijewski model, Springate model, and Grover model) and Coal companies.

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Sikap Nasabah Terhadap Minat Dalam Menggunakan Layanan e-Money BNI (Studi Kasus Pada BNI Pekanbaru)

Lutfi Abdurachman, Yudho Wibowo

STIE Dharma Putra

Jl. Imam Bonjol No. 75

Email: yudhowibowo@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Uang elektronik merupakan alternatif pembayaran non tunai dalam transaksi mikro atau ritel.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan daya tarik iklan dan sikap terhadap minat menggunakan layanan e-money BNI.

Penelitian ini dilakukan dengan kuisioner pada nasabah BNI wilayah Pekanbaru yang mengetahui layanan e-money BNI. 100 responden dijadikan sampel. Teknik sampling yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling.

Untuk metode analisis data dengan menggunakan analisis regresilinier berganda. Sedangkan untuk olah data dengan menggunakan program SPSS 18. Hasil uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan daya tarik iklan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menggunakan layanan E-Money BNI dengan nilai thitung sebesar 5.341 dan Sikap nasabah memiliki pengaruh signifikan terhadap minat dalam menggunakan layanan E-Money BNI dengan nilai thitung sebesar 5.341 dan terdapat hubungan positif pada kedua variabel tersebut terhadap minat penggunaan e-money BNI. Terhadap hasil uji simultan menyatakan bahwa variabel daya tarik iklan dan sikap secara bersama sama berpengaruh terhadap minat penggunaan e-money dengan nilai Fhitung (774.438) > Ftabel 3.939.

Kata Kunci : Daya Tarik Iklan, Sikap, Minat, e-Money

📑 FULL TEXT | PDF



Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Mekar Tirta Raya Pekanbaru


Rabiatul Adawiyah, Jasmar

STIE Dharma Putra pekanbaru

Jl. Imam Bonjol No. 75

Email: jasmar@stiedharmaputra.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Mekar Tirta Raya Pekanbaru. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket (kuesioner), dengan menggunakan metedo pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Dimana jumlah sampel yang didapat berjumlah 32 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan bantuan program software SPSS versi 21,0.

Dari hasil penelitian mengenai pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Mekar Tirta Raya Pekanbaru. Hasil uji Parsial kompensasi (3,789 > 2,045), disiplin kerja (4,431 > 2,045). Dari hasil uji secara simultan menyatakan Fhitung196,749 > Ftabel 3,33 artinya kompensasi dan disiplin kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT Mekar Tirta Raya Pekanbaru . Besar pengaruh variabel terlihat dari nilai koefisien determinasi (R square) yang besarnya adalah 0,931 atau 93,1% sedangkan sisanya 6,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : Kompensasi, Disiplin Kerja, kinerja karyawan.

📑 FULL TEXT | PDF


Back to Editions