Back to Editions

2023 -1

Volume  03 No. 1 Tahun 2023

Volume 03  No. 1    Mei 2023

PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT TAMPAN KOTA PEKANBARU

 

 

Dolly Merfita, Yudho Wibowo, Bayu Sedih Nanda Ria, Indriaty

STIE Dharma Putra

 

Email: dolly_m12@gmail.com

Corresponding author: yudhowibowo@stiedharmaputra.ac.id

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan pada karyawan Kantor Camat Tampan Kota Pekanbaru dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi pegawai secara parsial terhadap kinerja pegawai, pengaruh iklim organisasi secara parsial terhadap kinerja pegawai dan pengaruh kompetensi pegawai dan iklim organisasi secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Camat Tampan Kota Pekanbaru.

Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Kantor Camat Tampan Kota Pekanbaru tahun 2018 yang berjumlah 89 orang, jumlah sampel diambil dengan menggunakan metode sensusse hingga sampel penelitian sebanyak 89 orang. Dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 23 for windows.

Hasil penelitian dapat disimpulkan variabel independen dalam penelitian ini yaitu kompetensi pegawai dan iklim organisasi serta kinerja pegawai. Secara parsial kompetensi pegawai berpengaruh terhadap kinerja pegawai karena nilai t-hitungnya lebih besar dari t-tabel.Dari perhitungan secara parsial, iklim organisasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai karena nilai t-hitungnya lebih besar dari t-tabel.Secara simultan kompetensi pegawai dan iklim organisasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai karena nilai f-hitungnya lebih besar dari f-tabel.

Untuk itu penulis menyarankan hanya untuk lembaga yang bersangkutan, agar lebih memperhatikan lagi kondisi iklim organisasi disekitarnya, karena apabila tidak terkontrol dengan baik, maka dampaknya bisa merusak Lembaga atau instansi itu sendiri, semua pekerjaannya pasti akan terganggu, sebaiknya diberi pelatihan dan Pendidikan tersendiri oleh lembaga yang bersangkutan, karena demi memperlancarnya suatu  tujuan pekerjaan. Organisasi harus tetap berupaya untuk meningkatkan iklim organisasi dan kompetensi setiap personil didalam organisasi agar tetap dalam kategori tinggi, bila perlu ditingkatkan lagi agar kinerja pegawai semakin meningkat menuju kesempurnaan.

Kata kunci :kompetensi pegawai, klim organisasi, kinerja pegawai

 



📑 FULL TEXT | PDF



PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT BOGASARI JAYA PEKANBARU

 

Sartika, Elvi Lastriani, Frilla Degustia

STIE Dharma Putra

 

E-Mail: sartikahutapea25@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan, Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan, dan Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Bogasari Jaya. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode non probality sampling (samping jenuh) dimana semua populasi dijadikan sampel.

Dalam Penelitian ini di peroleh hasil yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,237 dan ttabel sebesar 2,030 dengan nilai signifikansi 0,000, maka hipotesis 1 adalah Kompensasi berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan. Pada hipotesis ke 2 diperoleh nilai thitung  sebesar 7,496 dan ttabel sebesar 2,030 dengan nilai signifikansi 0,000. maka hipotesis 2 adalah Motivasi berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan. dan pada nilai F hitung sebesar 79,466 dan nilai sig. sebesar 0,000, Kompensasi dan Motivasi mempunyai pengaruh signifikan secara bersama sama terhadap Kinerja Karyawan dan hipotesis 3 diterima.

Kata kunci : Kompensasi , Motivasi , Kinerja Karyawan. 



📑 FULL TEXT | PDF



PENGARUH MOTIVASI DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT RUMAH SAKIT NUSA LIMA PEKANBARU

  

Nila Sari, Hermansyah, Tengkoe Irawan

STIE Dharma Putra

Email: nilas9822@gmail.com

 

 ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Nusa Lima Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada 50 perawat rumah sakit Nusa Lima.Karena populasi tidak mencapai 100 responden, maka yang menjadi sampel penelitian adalah semua responden dengan menggunakan metode sensus.Pengumpulan data primer dilakukan dengan memberikan kuesioner (mail questionnaire) kepada responden bagian Perawat Rumah Sakit Nusa Lima.

Pengolaha dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS (Statistical Product And Service Solution). Pengujian data yang digunakan untuk regresi linear berganda adalah uji kualitas data dan uji asumsi klasik.

Berdasar hasil penelitian, menunjukkan bahwa penerapan Motivasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perawat dengan koefisien regresi sebesar 0,513 dan signifikan 0,000 (alpha 0,05). Sedangkan Pelatihan tidak berpengaruh signifikan  dengan koefisien regresi sebesar  -0,079 dan signifikan 0,740 (alpha 0,05). Sedangkan koefisien determinasi  (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,336 dengan tingkat signifikan 66,4, hal ini variabel Motivasi (X1) dan pelatihan (X2) berpengaruh sebesar 33,6% terhadap variabel Kinerja (Y), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh factor-faktor lain.

Kata Kunci : Motivasi,Pelatihan, Kinerja Perawat



📑 FULL TEXT | PDF



ANALISIS PENGARUH MINAT BELI KONSUMEN DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPAREPART ALAT BERAT PADA PT MAKMUR JAYA PEKANBARU


 Epianus Harefa, Marwansyah, Evi Suryati
STIE Dharma Putra Pekanbaru
E-mail: Epiharefa95@gmail.com

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat beli konsumen dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian sparepart pada PT. Tri Jaya Adhimukti Pekanbaru. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah pelanggan/pembeli dari PT. Tri Jaya Adhimukti Pekanbaru. yang berlamat di Jl. Riau Ujung, Pekanbaru. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 185 yaitu data pelanggan pada tahun 2022. Karena keterbatasan waktu, dana dan tenaga penulis menentukan sampel yang di teliti berdasarkan rumus slovin, sehingga jumlah sampel yang diambil menjadi 64,91 orang atau digenapkan menjadi 65 orang responden. Pengolahan dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS yaitu versi 23. Pengujian data yang digunakan untuk regresi linear berganda yaitu uji asumsi klasik dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial minat beli konsumen (X1) dan ekuitas merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan secara simultan juga menunjukkan bahwa minat beli konsumen (X1) dan ekuitas merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan Fhitung > Ftabel yaitu 60,719 > 3,140. Nilai RSquare menunjukkan hasil sebesar 0,662 yang artinya 66,2% keputusan pembelian dipengaruhi oleh minat beli konsumen (X1) dan ekuitas merek (X2). Sedangkan sisanya 33,8% dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar penelitian ini seperti kualitas produk, penetapan harga, lokasi, pelayanan dan sebagainya.

Kata Kunci : Minat Beli Konsumen, Ekuitas Merek dan Keputusan Pembelian. 

 

📑 FULL TEXT | PDF



PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK BRI PEKANBARU

 

Darmen Munte, Damri SM, Delvina Donawati

STIE Dharma Putra

Email: jacksaragi92@gmail.com

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan pada PT.Bank BRI Pekanbaru sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan. Tujuan penelitian ini adalahjawaban atas rumusan masalah yaitu untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap Kepuasan Nasbah  pada PT. Bank BRI Pekanbaru.

Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 78 orang responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas Promosi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) beserta Kepuasan Nasabah (Y). Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23.   

Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang significant antara Variabel Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah. Hasil Uji secara simultan menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara variabel Promosi dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank BRI Pekanbaru dengan hubungan korelasi yang kuat, Besarnya koefisien determinasi R Square sebesar 0,737 artinya variabel independen yang terdiri dari Promosi dan Kualitas Pelayanan dapat menjelaskan Kepuasan Nasabah sebesar 73,7% dan sisanya 26,3% dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.

Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah   

. 

📑 FULL TEXT | PDF



PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT BELFOOD PEKANBARU

 

 

Santi Murni Aritonang, Nizamil Fadly, Jasmar

STIE Dharma Putra

Email: santimurni25@gmail.com

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Belfood yang beralamat dijalan Soekarno Hatta Pekanbaru, Provinsi Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Belfood Pekanbaru. Manfaat penelitian ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang sudah didapatkan dari perkuliahan manajemen, selain itu dapat memberikan masukan kepada perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam rangka meningkatkan kinerja dan pemahaman karyawan.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh objek penelitian sebagai sumber daya yang memiliki karakteristik tertentu didalam suatu penelitian. Didalam penelitian ini objek yang diteliti adalah karyawan  pada PT. Belfood yag berjumlah 62 responde. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder  yang diperoleh melalui proses wawancara dan kuesioner.

Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui bahwa variabel disiplin kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan variabel lingkungan kerja berpengaruh seca signifikan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan berdasarkan uji f disiplin kerja dan lingkunngan kerja berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan yaitu f hitung 38,312 > f tabel 4,00 dan dari hasil koefisien korelasi diketahui anatara disiplin kerja, lingkungan kerja dan kinerja karyawan mempunyai hubungan keeratan yang tinggi yaitu sebesar 0,752 serta koefisien determinasi penelitian ini diperoleh dari hasil sebesar 55% kinerja dipengaruhi oleh disiplin kerja dan lingkungan kerja sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Kata Kuci : Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja dan Kinerja Karyawan


📑 FULL TEXT | PDF



PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA TERHADAP KOMPENSASI DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA PT GLOBAL PRATAMA PEKANBARU

 

 

Romiani S, David Opel Alexander

STIE Dharma Putra

Email: romianisinaga96@yahoo.com

 

ABSTRAK

Objek penelitian ini adalah PT. Global Pratama Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menekankan pada pengujian hipotesis. Peneltian ini terdiri dari dua variabel X yaitu gaya kepemimpinan (X1), disiplin kerja (X2) serta dua variabel Y yaitu kompensasi (Y1), dan kinerja (Y2). Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode sensus dengan cara menyebarkan kuesioner kepada seluruh karyawan berjumlah 34 orang.

Berdasarkan hasil analisis, uji t diketahui bahwa variabel gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kompensasi yaitu p value 0,005<0,05, variabel disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kompensasi yaitu p value 0,000<0,05, variabel gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja yaitu p value 0,026<0,05, variabel disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja yaitu p value 0,036<0,05, variabel kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja yaitu p value 0,013<0,05. Berdasarkan uji F diketahui bahwa gaya kepemimpinan, disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kompensasi yaitu p value 0,000<0,05 dan gaya kepemimpinan, disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kompensasi dan kinerja yaitu p value 0,000<0,05. Koefisien determinasi penelitian ini diperoleh hasil bahwa 61,6% kompensasi dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan dan disiplin kerja sedangkan sisanya 38,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian ini, serta koefisien determinasi lainnya memperoleh hasil bahwa 72,9% kinerja dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan, disiplin kerja dan kompensasi sedangkan sisanya 27,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian ini.

Kata kunci: gaya kepemimpinan, disiplin kerja, kompensasi, kinerja 


📑 FULL TEXT | PDF

Back to Editions